Lanjutan ...
Malam
hari pun tiba. Sovia dengan ditemani suaminya seusai solat isya, sesasat
setelah menidurkan anaknya, Sovia mulai membuka leptop miliknya. Sovia
merupakan tipikal orang yang senang melakukan hal baru. Terlebih jika itu
tampak jelas memberikan manfaat baginya juga orang sekitar. Ia pasti ingin
mencobanya. Dia sadar, dia bukanlah orang yang cerdas. Sehingga ia akan selalu
berusaha untuk bisa dengan terus belajar dan tak malu untuk bertanya pada yang
lebih tahu. Prinsip hidupnya adalah. “menjadi
manusia yang monoton adalah rugi, dengan terus belajar dan berusaha maka akan
menaikkan kualitas juga kapabilitas seseorang” Dibukanya akun SIMPKB
miliknya. Ia pun mencoba membuka portal guru penggerak. Ia mencoba untuk
mendaftar calon guru penggerak. Dengan arahan dari rekan-rekannya juga dengan
panduan youtube. Sovia memulai mendaftar. Mulai dari upload pakta integritas
dan surat rekomendasi dari kepala sekolah hingga melanjutkan pada pengisian
curiculum vitae. Didalam curriculum vitae ia diminta untuk mengisi pengalaman
berorganisasi. Ia tuliskan didalamnya bahwa ia mengikuti organisasi FKWB (Forum
Komunikasi Wiyata Bhakti) dan KKG (kelompok Kerja Guru). Ya, belum banyak
memang organisasi yang Sovia geluti saat itu. Dalam organisasi itupun Sovia juga masih sebatas
sebagai anggota. Dimana tugas angggota adalah turut berpartisipasi demi
kelancaran kegiatan atau organisasi.
Selain
pengalaman berorganisasi Sovia pun diminta untuk menuliskan pengalaman melatih
atau mengembangkan orang lain baik secara individu maupun kelompok. Ia tuliskan
pula disana bahwa ia juga bekerja sebagai pengajar di Bimbel Juara, pernah
menjadi pengisi acara di malam renungan kegiatan Kemah Bakti OSIS (KBO), Pelatih Pantomim dan beberapa jenis lomba
lain di sekolahnya serta bagaimana proses penmgembangan itu dilakukan.
Selesai
mengisi curikulum vitae, Sovia pun melanjutkan pada pengisian essay. Baik
curikulum vitae atau pun essay semua isian mengharuskan Sovia untuk bisa
memenuhi karakter huruf yang diminta oleh sistem. Karakter yang dimnta kisaran
500-1.500 karakter. Jika karakter yang diminta belum memenuhi maka jawaban
belum bisa tersimpan oleh sistem. Ada lima soal pada isian essay yang harus
diselesaikan oleh para pendaftar atau yang disebut dengan calon guru penggerak
( CGP ). Kelima soal tadi yaitu,
1. Apa
yang memotivasi anda mengikuti guru penggerak?
-
Apa
yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam
mewujudkan motivasi tersebut?
-
Apa
kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya
dan berikan contohnya!
-
Berikan
contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan
dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda
melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak
atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut
terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)
2.
Berinteraksi dengan orang lain terkadang
dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja
sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua,
wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka
agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar
mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.
-
Kapan
waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang
Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!
-
Kesulitan
apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan
yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi
tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang
telah direncanakan?
-
Upaya
apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk
bekerja sama?
-
Bagaimana
hasilnya?
3. Permasalahan,
tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam
menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi
yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.
-
Kapan
waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda
hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!
-
Upaya
apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif?
Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut
untuk membantu Anda menghadapinya?
-
Pertimbangan-pertimbangan
atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi
apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?
-
Tindakan
apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?
4. Perkembangan
menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat
mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.
-
Kapan
waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda
dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik
tersebut?
-
Bagaimana
cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri
Anda?
-
Selain
memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal
berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda?
Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut
membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?
-
Bagaimana
aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?
5. Ceritakan
pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan
guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya),
misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada
tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.
-
Kapan
waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda
melakukan pengembangan tersebut
-
Hal
apa yang menjadi focus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun
kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.
-
Dukungan
apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui
dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan
untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?
- Bagaimana hasilnya?
Bersambung ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar